Kelebihan dan Perawatan Perhiasan Terbuat dari Perak

Perhiasan pada umumnya digunakan oleh perempuan dalam bentuk cincin atau pun kalung. Di mana perhiasan terbuat dari perak atau pun emas. Perak merupakan pilihan untuk Anda yang tidak ingin menggunakan perhiasan dari emas. Berikut kelebihan dan cara perawatan perhiasan yang terbuat dari perak.

Kelebihan Perhiasan dari Perak

  1. Harga Lebih Rendah

Anda yang memiliki budget pas-pasan bisa memilih perhiasan dari perak saat tidak mencukupi membeli emas atau ingin perhiasan dengan ukuran lebih besar. Di mana harga perhiasan perak tidak terlalu sering mengalami penurunan ataupun kenaikan.

Bahkan jarang sekali mengalami penurunan, seringnya perak akan naik harganya hingga tiga kali lipat. Cocok pula untuk dijadikan pilihan buat Anda yang ingin melakukan investasi kecil-kecilan karena harga merak yang terbilang rendah. Namun harga perak kerap dikatakan lebih stabil karena pasar global untuk penjualan dan pembelian perak lebih kecil dibandingkan emas.

  1. Lebih Luwes

Buat Anda yang menggunakan perhiasan dari perak kelebihannya adalah lebih luwes dibandingkan emas. Maksudnya perak bisa Anda padukan dengan perhiasan dari berbagai jenis bahan lainnya. Tidak ada keterbatasan dan tetap tidak mengurangi nilai dari perak dan tidak terlihat murahan.

  1. Banyak Model

Anda tidak akan kebingungan saat membeli perhiasan perak karena ada banyak sekali model yang menarik. Modelnya beragam dan membuat Anda ingin membeli dalam jumlah banyak. Model perhiasannya pun sangat kekinian.

  1. Mudah Dijual Kembali

Anda membeli perhiasan salah satunya untuk menjadi cara menyimpan uang atau menabung. Jadi saat dibutuhkan bisa Anda jual. Nah, kelebihan dari perhiasan yang berbahan perak mudah untuk dijual kembali. Harga jualnya pun tak jauh berkurang dari harga belinya. Anda bisa menanyakan saat melakukan pembelian perak berapa harga jualnya nanti.

Cara Merawat Perhiasan Terbuat dari Perak

  1. Hindari Sentuhan Senyawa Tertentu

Perak merupakan jenis perhiasan yang perlu dilakukan perawatan lebih ekstra dibandingkan emas. Di mana Anda harus sangat ekstra untuk menghindari perak bersentuhan dengan senyawa yang bisa memicu timbulnya noda hitam. Jika tidak bisa teliti untuk menghindarinya maka sebaiknya dilepas saja perhiasan peraknya saat Anda sedang mencuci dan aktivitas yang berisiko.

  1. Bersihan secara Rutin

Perak Anda akan tetap berkilau dengan perawatan secara rutin membersihkannya menggunakan bahan pembersih yang aman. Pembersih yang bisa digunakan seperti larutan air garam, atau pasta gigi jika Anda ingin praktis dan lebih murah.

Namun, bisa menggunakan pembersih khusus perhiasan perak yang berbentuk cairan dengan kain pengelapnya. Cairan ini bisa Anda beli di tempat penjualan peraknya. Pastikan saat membersihkan perhiasan perak tidak menggunakan pembersih dari bahan karet atau stainless steel. Bahan ini berisiko bisa merusak perhiasan perak yang Anda miliki.

  1. Penyimpanan yang Tepat

Perawatan berikutnya yang bisa dilakukan agar perhiasan perak tetap awet adalah penyimpanan yang tepat. Lakukan penyimpanan dengan terlebih dahulu membungkus perhiasan menggunakan tisu tanpa kandungan asam atau bisa menggunakan kertas anti noda.

Lebih aman lagi jika menggunakan kain flanel. Setelah dibungkus atau dibalut simpanlah perhiasan diĀ  tempat yang kering. Pastikan terhindar dari kandungan besi anti karat, bahan karet, atau bahan lainnya yang dapat merusak kualitas perak Anda.

Anda tidak akan kesulitan menemukan perhiasan perak dengan model yang menarik. Harganya terjangkau bisa membuat Anda memiliki banyak model yang bisa dipakai secara bergantian. Selain itu, perak juga bisa dijadikan cincin couple bersama pasangan, terkhusus bagi pria muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *