Alasan Mengapa Harus Memulai Asuransi Pendidikan Sejak Dini

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi sang buah hati, salah satunya pendidikan. Guna memastikan anak mendapatkan pendidikan terbaik di masa mendatang butuh persiapan dan perencanaan finansial yang matang. Oleh sebab itu memiliki asuransi pendidikan menjadi penting, mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Pentingnya Asuransi Pendidikan

Merencanakan pendidikan anak memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan menabung atau membeli asuransi pendidikan. Namun, ada beberapa hal yang membuat asuransi pendidikan menjadi penting untuk dimiliki sejak dini, antara lain sebagai berikut.

  1. Menjamin Pendidikan Anak

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kenaikan biaya pendidikan di Indonesia meningkat hingga 10 persen tiap tahunnya. Biaya pendidikan perguruan tinggi bahkan lebih tinggi lagi, peningkatannya mencapai 50 hingga 100 persen dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Asuransi pendidikan dapat memberikan proteksi dan jaminan biaya pendidikan anak di masa mendatang. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada orang tua, maka tidak perlu khawatir karena asuransi akan menjamin biaya pendidikan Anda tetap aman.

Tidak sampai di situ, apabila terjadi musibah pada orang tua—meninggal, misalnya—penyedia asuransi yang akan membantu membiayai pendidikan di masa depan hingga selesai. Dana pendidikan ini tentunya tidak hanya diberikan ketika saat terjadi musibah saja. Setiap anak Anda ingin masuk sekolah, biayanya tersebut akan diberikan.

Hal ini tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan tabungan yang memiliki bunga relatif rendah.  Peningkatan biaya pendidikan yang tinggi tiap tahunnya tentu akan menyulitkan Anda jika hanya mengandalkan bunga dari tabungan.

  1. Bentuk Perencanaan Pendidikan Anak

Ketika Anda membeli sebuah produk asuransi itu artinya ada telah melakukan perencanaan pendidikan anak. Pemilihan produk asuransi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anda juga bisa menentukan sampai jenjang pendidikan mana yang akan ditempuh oleh anak, di mana pendidikan akan diambil dan biaya pendidikan.

Hal-hal tersebutlah yang nantinya akan menentukan besaran premi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Oleh sebab itu, membeli asuransi berarti Anda sudah melakukan perencanaan pendidikan anak secara tidak langsung.

  1. Pengaturan Keuangan Lebih Baik

Alasan lain mengapa Anda harus memiliki asuransi karena dapat membantu Anda mengatur keuangan Anda. Pasalnya dengan memiliki asuransi Anda diharuskan membayar premi tiap bulannya atau setiap tahunnya. Hal tersebut dapat membantu Anda mengatur dan mengalokasikan uang Anda secara benar dan tepat sasaran.

Secara tidak langsung Anda sudah menempatkan biaya pendidikan anak pada skala prioritas utama. Meskipun terkesan memaksa, hal tersebut dapat membuat keuangan Anda lebih sehat karena tidak ada uang yang hilang entah kemana dan biaya pendidikan anak pun tersimpan dengan baik dan tidak akan digunakan untuk kebutuhan lain.

  1. Sarana Berinvestasi

Alasan lain mengapa memiliki asuransi pendidikan menjadi penting adalah Anda bisa menggunakannya sebagai sarana investasi. Nilai tukar uang yang naik turun serta biaya hidup yang meningkat tiap tahunnya, pendapatan bulanan tidak akan bisa dijadikan tumpuan utama. Pasalnya Anda tidak selamanya dapat bekerja secara produktif seperti sekarang ini.

Oleh sebab itu, Anda butuh investasi di masa depan, salah satunya asuransi pendidikan. Banyaknya perusahaan asuransi yang bermunculan menyebabkan berbagai inovasi dari penyedia asuransi, seperti asuransi pendidikan dengan fitur-fitur layaknya sebuah investasi. Meskipun hasilnya tidak sebaik investasi murni, namun cukup untuk menjamin kenaikan biaya pendidikan.

  1. Memberikan Rasa Aman

Salah satu tujuan utama dari asuransi pendidikan adalah memberikan rasa aman, tenang dan nyaman dalam menyongsong masa depan. Pasalnya asuransi dapat melindungi Anda dari berbagai kemungkinan di kemudian hari yang tidak kita ketahui. Anda pasti akan lebih tenang melihat tumbuh kembang anak tanpa harus dibayang-bayangi masalah finansial.

  1. Asuransi Pendidikan Bukan Sekedar Asuransi

Asuransi pendidikan bukanlah sekedar penjamin biaya pendidikan. Pasalnya saat ini banyak produk asuransi pendidikan yang telah dilengkapi berbagai perlindungan lain, seperti kesehatan. hal ini tentunya akan sangat membantu, baik tertanggung maupun anak mendapatkan jaminan biaya pengobatan ketika sakit.

Kesehatan yang terjamin dapat memastikan tumbuh kembang anak lebih baik, sehingga kesuksesan pendidikannya pun bisa lebih optimal. Selain itu jika terjadi musibah atau anak meninggal dunia, maka orang tua berhak menerima uang santunan. Proteksi ini tentunya tidak akan Anda dapatkan dari tabungan pendidikan.

Waktu yang Tepat Membeli Asuransi Pendidikan

Waktu yang paling tepat membeli asuransi pendidikan adalah sedini mungkin. Asuransi pendidikan merupakan suatu perlindungan, jadi semakin cepat anak dilindungi maka akan semakin baik pula. Anda bisa mulai membeli asuransi pendidikan sejak anak baru lahir hingga usia maksimal, bergantung kebijakan yang ditetapkan penyedia asuransi.

Umumnya batas maksimum anak bisa membeli asuransi pendidikan adalah 12 hingga 15 tahun dan bagi orang tua pemilik polis maksimal berusia 60 tahun. Pemilihan waktu memulai asuransi pendidikan sangat penting diperhitungkan.

Jumlah premi yang harus dibayarkan nasabah bergantung pada waktu memulai asuransi pendidikan. Jika Anda memulai asuransi ketika anak masih dalam usia dini, maka premi yang dibayarkan akan lebih rendah. Begitu pun sebaliknya, semakin besar anak maka nilai preminya akan semakin besar pula.

Pemberian Uang Pertanggungan

Pemberian uang pertanggungan akan diberikan kepada anak berdasarkan jenjang pendidikan yang telah disepakati pada saat awal perjanjian polis. Jika Anda memutuskan untuk membeli asuransi untuk mendanai kuliah anak, maka uang tersebut akan diberikan ketika anak Anda akan memasuki jenjang perguruan tinggi.

Tidak hanya untuk biaya kuliah, Anda juga bisa membeli asuransi untuk jenjang pendidikan lainnya, mulai dari sekolah dasar hingga menengah. Dana tersebut akan diberikan kepada tertanggung ketika akan memasuki jenjang pendidikan yang dipilih.

Umumnya asuransi pendidikan memiliki aturan dimana ketika pemilik premi meninggal dunia, cacat tetap atau mengidap penyakit kritis, maka pemilik polis akan mendapatkan manfaat pembebasan premi.

Manfaat pembebeasan premi artinya biaya pendidikan anak Anda akan tetap dijamin oleh penyedia asuransi sesuai perjanjian polis tanpa harus membayar premi bulanan. Selain itu terdapat juga sistem term life, dimana anak Anda akan mendapatkan uang santunan di luar uang jaminan ketika Anda meninggal dunia, baik karena sakit maupun kecelakaan.

Premi yang Harus Dibayar

Banyak aspek yang mempengaruhi premi yang harus Anda bayarkan tiap bulan atau tiap tahunnya, seperti usia saat mebeli asuransi, kesehatan Anda, tempat anak akan menempuh pendidikan, jenjang pendidikan dan faktor lain tergantung penyedia asuransi.

Dari berbagai faktor tersebut akan premi akan ditentukan oleh penyedia asuransi. Umumnya akan diberikan beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Dalam menentukan nilai premi, pilihlah premi sesuai kemampuan Anda agar pembayaran tetap stabil. Pasalnya asuransi merupakan perencanaan jangka panjang yang perlu diperhitungkan secara matang.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa asuransi pendidikan begitu penting bagi anak. Salah satu asuransi pendidikan terbaik saat ini adalah Sequis EduPlan, dimana Anda hanya perlu membayar premi selama 8 tahun untuk menikmati asuransi selama 18 tahun. Selain itu ada juga manfaat kematian karena kecelakaan sebesar 200%. Info lebih lanjut bisa Anda lihat di Sequis.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *