4 Hal Penting Dan Utama Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Melakukan Pinjaman Uang (Berutang)

Di jaman sekarang, perihal pinjam-meminjam uang bukanlah hal yang asing lagi. Ada banyak lembaga yang khusus menyediakan layanan pinjaman uang. Selain itu, tentu saja bank masih menjadi pilihan utama saat harus meminjam uang dalam jumlah banyak. Apalagi saat ini pinjaman bank  dibuat semakin mudah dengan adanya berbagai syarat yang ringan dan mudah untuk dipenuhi. Meski berutang bukan hal yang tabu, namun dalam pelaksanaannya tetap harus diperhitungkan, jangan sampai karena alasan yang tidak terlalu urgent, membuat aktivitas berutang ini menjadi kebiasaan. Ada beberapa faktor penting yang sebaiknya diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum berutang, terlebih jika anda ingin melakukan pinjaman bank dalam jumlah yang cukup besar.

1.      Teliti Sebelum Berutang

Anda mungkin punya beberapa pilihan kepada siapa akan meminjam uang, entah itu pada seseorang, lembaga, komunitas atau bank. Meski begitu, tetap selektif dalam memilih, carilah informasi akurat dan sebanyak mungkin mengenai pihak yang nanti akan anda jadikan tempat berutang. Ketahui apakah cukup aman meminjam uang disana, apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi saat akan berutang serta risiko apa saja yang mungkin terjadi. Apabila tempat anda berutang memberlakukan bunga, maka ketahui berapa besar bunga yang harus dibayar selama rentang waktu anda berutang. Ini akan sangat mempengaruhi usaha anda dalam pelunasan nantinya, semakin besar bunga yang diberikan maka akan semakin besar pula hutang yang harus dibayar.

Apabila sudah merasa yakin dan nyaman terhadap segala ketentuan yang diberikan oleh pihak si penyedia layanan peminjaman uang, anda boleh melanjutkan pada kesepakatan berutang. Namun pastikan besarnya jumlah hutang yang ingin anda ambil sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan anda membayar.

2.      Masa Waktu Pinjaman

Untuk pinjaman bank, biasanya diberlakukan jangka waktu peminjaman dalam 3 kategori yaitu pinjaman jangka pendek, sedang dan lama. Lamanya masa pinjaman ini sangat berpengaruh terhadap besar biaya yang dibayarkan. Semakin lama jangka waktu pinjaman maka akan semakin besar pula biaya pembayaran, hal ini akibat adanya bunga yang biasa diberlakukan oleh pihak bank kepada si peminjam. Jika memang belum memahami perihal jangka waktu peminjaman dan hal lainnya, anda bisa bertanya lebih dahulu kepada pihak layanan bank, sebelum akhirnya benar-benar teken perjanjian. Agar tidak merasa berat dan terbebani dikemudian hari, pastikan untuk memilih tenor dan besar pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak terlalu besar dan mendesak, sebaiknya cukup pilih jangka waktu pinjaman yang pendek saja.

3.      Proses Pencairan Dana

Pada pihak tertentu seperti misalnya bank atau lembaga pinjaman uang, tentu memerlukan waktu pencairan dana yang mana dalam proses ini waktu yang diperlukan bisa bervariasi, ada yang lama dan ada yang sebentar. Untuk hal ini, anda juga perlu memperhatikannya. Usahakan untuk memilih pihak yang dapat melakukan proses pencairan dana dengan cepat, ini untuk kemudahan anda menggunakan dana pinjaman sesegera mungkin demi keperluan. Jika pihak penyedia layanan pinjaman uang memberikan syarat yang susah, berbelit-belit dan proses pencairan yang lama, maka lebih baik mencari tempat pinjaman uang di lain.

4.      Besarnya Bunga

Rata-rata, pihak atau lembaga yang menyediakan layanan pinjaman uang juga memberikan bunga pinjaman. Besarnya bunga pinjaman bisa berbeda-beda antara satu pihak dengan pihak lain, sebut saja misalnya antara bank A dengan bank B. Besarnya bunga pinjaman juga perlu anda perhatikan, jika memungkinkan pilih bunga pinjaman yang rendah. Pada kelompok bunga pinjaman, perlu diketahui bahwa bunga terbagi menjadi 2 kategori yaitu fixed rate dan variable rate, dimana antara keduanya ini memiliki perbedaan. Fixed rate adalah bunga pinjaman yang memiliki jumlah tetap atau tidak berubah selama tenor pinjaman, sedangkan variable rate memungkinkan terjadinya perubahan nilai bunga pinjaman. Jadi, tentukan secara bijak pilihan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *